Hallo kembali lagi bersama saya Pangeran
Kodok!
Disini saya akan menganalisa struk
pembelian di Minimarket dari sisi ERP, tentunya saya juga berbincang-bincang
dengan Kasir Minimarket nya karena ada beberapa hal yang tidak saya tahu,
tetapi setelah itu saya memiliki gambaran untuk dianalisis dari sisi ERP nya.
Berikut gambar dan analisa dari sisi ERP versi pangeran kodok:
1. Label minimarket
yang berada di posisi paling atas yaitu "Indomaret" dengan
nama waralaba PT. INDOMARCO PRISMATAMA menunjukkan bahwa itu merupakan
identitas nama dan kepemilikan usaha dari minimarket tersebut, hal ini termasuk
ke dalam bisnis proses Modul CRM/Marketing dan Sales.
2. Jl.Ancol I/9-10,
Ancol Barat-Jakarta Utara menunjukkan alamat lengkap dari Waralaba minimarket
tersebut yang dapat memudahkan para customer nya untuk mencari
keberadaan toko, menanyakan keluhan dan saran, dan hal lainnya. Hal ini
termasuk ke dalam bisnis proses modul CRM/Marketing dan Sales. NPWP
01.337.994.6-092.000 menunjukkan jika minimarket ini telah memiliki
Nomor Pokok Wajib Pajak yang sudah terdaftar.
3. Pondok Ungu
88988226 merupakan
nomor telepon minimarket ini yang bisa dihubungi, termasuk dalam informasi
penting sebuah perusahaan selain alamat perusahaan.
4. Jl.Perum Pondok
Ungu Blok LC 2 No.1, KALIABANG TENG, BEKASI, 17125. menunjukkan
alamat lengkap dari Waralaba minimarket tersebut yang dapat memudahkan para customer
nya untuk mencari keberadaan toko, menanyakan keluhan dan saran, dan hal
lainnya. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul CRM/Marketing dan
Sales.
5. 07/01/2017 19:34 merupakan
tanggal dan waktu transaksi pembelian seluruh
item transaksi secara real time ketika struk ini
dicetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi di minimarket ini dapat
termonitor oleh pihak manajemen toko. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses
modul Purchase.
6. 72926/RETNO/01 merupakan Nomor
Identitas Karyawan/Nama Karyawan/Keterangan Shift. Hal ini termasuk modul Setting/Admin.
7. Potabee, Milk
Hilo, Maitos dan
Oreo menunjukkan nama item transaksi beserta harga dan jumlah quantity
nya tiap item, sehingga memudahkan costumer dalam mengecek
item transaksinya sudah benar atau belum, hal ini termasuk ke dalam bisnis
proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
8. 67,250 menunjukkan total
harga yang harus dibayarkan pihak customer, total harga tersebut didapat
dari quantity item yang ada dalam transaksi dikalikan dengan
harga masing - masing item dan kemudian dijumlahkan. Sayangnya, dalam total
harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR. Hal ini termasuk
ke dalam bisnis proses modul purchase dan modul accounting
& finance.
9. Tulisan Tunai
menunjukkan informasi jumlah uang yang diberikan customer kepada
pihak kasir. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul purchase.
10. Jika ada
kembalian, maka akan ada tulisan Kembali yang menunjukkan uang kembalian
yang harus dikembalikan ke customer yang diperoleh dari
pengurangan uang yang diberikan customer ke kasir dengan
jumlah uang yang terbayar sehingga tidak ada pihak yang dirugikan
apabila ada kelebihan atau kekurangan dalam pembayaran. Hal ini termasuk ke
dalam bisnis proses modul purchase.
11. Adanya Informasi
seputar Dasar Pengenaan Pajak (DPP) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari
semua item transaksi yang ada.
12. Terdapat
informasi ucapan TERIMA KASIH, SELAMAT BELANJA KEMBALI dan LAYANAN
KONSUMEN INDOMARET yang menunjukkan ucapan terima kasih telah berbelanja
dari pihak minimarket dan adanya keterangan Layanan Konsumen seperti nomor SMS,
Telepon, dan E-mail yang bisa dihubungi. Hal ini termasuk ke dalam bisnis
proses modul Purchase dan modul Accounting &
Finance.
Dari
sisi ERP, analisa proses bisnis diatas, menurut saya kekurangannya adalah:
1. Dalam
total harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR, seharusnya lebih
di detailkan lebih lanjut.
2. Diberikan informasi nama no.struk atau
no.mesin struk yang misalkan nantinya akan mempersulit ketika orang awam komplain
terkait no.struknya.
Kesimpulan :
Analisa proses Minimarket Indomaret dari segi ERP
sudah cukup baik, sistemnya telah bisa mendeteksi secara otomatis, tertelusur
dan real time, identitas yang melayani transaksi, dan keterangan pajak
yang lengkap berikut NPWP perusahaannya, hanya saja tidak ada keterangan
penjelasan atau informasi nama yang mana no.struk atau no.mesin struk yang
misalkan nantinya akan mempersulit ketika orang awam komplain terkait
no.struknya.
Cukup sekian hasil analisa ERP saya terhadap struk transaksi Minimarket Indomaret. Semoga hasil postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.
Cukup sekian hasil analisa ERP saya terhadap struk transaksi Minimarket Indomaret. Semoga hasil postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.
Terima Kasih
Salam Hangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar