Minggu, 08 Januari 2017

#UPERP8UAS04 - Contoh Transaksi ERP dan Analisa ERP nya



Hallo kembali lagi bersama saya Pangeran Kodok!
Disini saya akan menganalisa struk pembelian di Minimarket dari sisi ERP, tentunya saya juga berbincang-bincang dengan Kasir Minimarket nya karena ada beberapa hal yang tidak saya tahu, tetapi setelah itu saya memiliki gambaran untuk dianalisis dari sisi ERP nya. Berikut gambar dan analisa dari sisi ERP versi pangeran kodok: 



1.      Label minimarket yang berada di posisi paling atas yaitu "Indomaret" dengan nama waralaba PT. INDOMARCO PRISMATAMA menunjukkan bahwa itu merupakan identitas nama dan kepemilikan usaha dari minimarket tersebut, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses Modul CRM/Marketing dan Sales.
2.     Jl.Ancol I/9-10, Ancol Barat-Jakarta Utara menunjukkan alamat lengkap dari Waralaba minimarket tersebut yang dapat memudahkan para customer nya untuk mencari keberadaan toko, menanyakan keluhan dan saran, dan hal lainnya. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul CRM/Marketing dan SalesNPWP 01.337.994.6-092.000 menunjukkan jika minimarket ini telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak yang sudah terdaftar.
3.    Pondok Ungu 88988226 merupakan nomor telepon minimarket ini yang bisa dihubungi, termasuk dalam informasi penting sebuah perusahaan selain alamat perusahaan.
4.     Jl.Perum Pondok Ungu Blok LC 2 No.1, KALIABANG TENG, BEKASI, 17125. menunjukkan alamat lengkap dari Waralaba minimarket tersebut yang dapat memudahkan para customer nya untuk mencari keberadaan toko, menanyakan keluhan dan saran, dan hal lainnya. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul CRM/Marketing dan Sales.
5.     07/01/2017 19:34 merupakan tanggal dan waktu transaksi pembelian seluruh item transaksi secara real time ketika struk ini dicetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi di minimarket ini dapat termonitor oleh pihak manajemen toko. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase.
6. 72926/RETNO/01 merupakan Nomor Identitas Karyawan/Nama Karyawan/Keterangan Shift. Hal ini termasuk modul Setting/Admin.
7.   Potabee, Milk Hilo, Maitos dan Oreo menunjukkan nama item transaksi beserta harga dan jumlah quantity nya tiap item, sehingga memudahkan costumer dalam mengecek item transaksinya sudah benar atau belum, hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.
8.     67,250 menunjukkan  total harga yang harus dibayarkan pihak customer, total harga tersebut didapat dari quantity item yang ada dalam transaksi dikalikan dengan harga masing - masing item dan kemudian dijumlahkan. Sayangnya, dalam total harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul purchase dan modul accounting & finance.
9.   Tulisan Tunai menunjukkan informasi jumlah uang yang diberikan customer kepada pihak kasir. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul purchase.
10.   Jika ada kembalian, maka akan ada tulisan Kembali yang menunjukkan uang kembalian yang harus dikembalikan ke customer yang diperoleh dari pengurangan uang yang diberikan customer ke kasir dengan jumlah uang yang terbayar sehingga tidak ada pihak yang dirugikan apabila ada kelebihan atau kekurangan dalam pembayaran. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul purchase.
11.  Adanya Informasi seputar Dasar Pengenaan Pajak (DPP) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari semua item transaksi yang ada.
12.  Terdapat informasi ucapan TERIMA KASIH, SELAMAT BELANJA KEMBALI dan LAYANAN KONSUMEN INDOMARET yang menunjukkan ucapan terima kasih telah berbelanja dari pihak minimarket dan adanya keterangan Layanan Konsumen seperti nomor SMS, Telepon, dan E-mail yang bisa dihubungi. Hal ini termasuk ke dalam bisnis proses modul Purchase dan modul Accounting & Finance.

Dari sisi ERP, analisa proses bisnis diatas, menurut saya kekurangannya adalah:
1.  Dalam total harga tersebut tidak terdapat unit currency IDR, seharusnya lebih di detailkan lebih lanjut.
2.   Diberikan informasi nama no.struk atau no.mesin struk yang misalkan nantinya akan mempersulit ketika orang awam komplain terkait no.struknya.

Kesimpulan :
Analisa proses Minimarket Indomaret dari segi ERP sudah cukup baik, sistemnya telah bisa mendeteksi secara otomatis, tertelusur dan real time, identitas yang melayani transaksi, dan keterangan pajak yang lengkap berikut NPWP perusahaannya, hanya saja tidak ada keterangan penjelasan atau informasi nama yang mana no.struk atau no.mesin struk yang misalkan nantinya akan mempersulit ketika orang awam komplain terkait no.struknya.

Cukup sekian hasil analisa ERP saya terhadap struk transaksi Minimarket Indomaret. Semoga hasil postingan saya ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.



Terima Kasih

Salam Hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar